Laman

Minggu, 18 November 2012

Uranium sumber energi masa depan atau sumber penghancur ????

Teka -Teki "Uranium"

      Tahukan anda tentang uranium ? Secara kimiawi, uranium merupakan logam berat berwarna keperakan yang sangat padat. Lalu apakah yang dapat dibuat dengan uranium ???
            Uranium merupakan salah satu sumber energi kontroversial , selain menjadi sumber energi, uranium dapat di bentuk menjadi sebuah senjata militer. Tahukah anda... kubus uranium bersisi 10 cm memiliki massa mendekati 20 kg dan secara umum 70 % lebih padat dibanding timbal (timah hitam). Pada suhu 600 – 700°C dalam tekanan yang sangat tinggi logam DU (Depleted Uranium) akan menyala dengan sendirinya, membentuk kabut Aerosol DU yang bersifat cair dan sangat panas. DU dapat digunakan sebagai senjata penembus berenergi kinetis dan biasa digunakan dalam bentuk Senjata Antitank (atau ankerucutti kendaraan lapis baja lainnya). Jadi senjata ini benar-benar konvensional, sama sekali tak melibatkan reaksi berantai didalamnya (baik reaksi fisi maupun reaksi fusi).
             Selain itu dengan menggunakan sebuah reaksi fusi uranium dapat dibuat menjadi sebuah BOM nuklir yang sangat berbahaya. Bukan hanya berbahaya dari segi ledakan namun radiasi yang dihasilkan sangat berbahaya. 
             Andai kalian tahu angka leukimia dan kecatatan lahir di iran maupun irak meningkat sejak digunakannya senjata berbahan uranium. Lalu mengapa barang yang sangat berbahaya tersebut di produksi terus menerus tanpa adanya larangan secara khusus ???
         Ya uranium memiliki potensi pengganti minyak bumi sebagai sumber energi. Beberapa negara besar seperti Jepang sudah menggunakan uranium sebagai penghasil energi utama mereka.
      Ditengah krisisnya energi dunia saat ini sudah tidak dapat dipungkiri pilihan menggunakan uraniumpun menjadi salah satu yang sangat diperlukan. Reaksi fusi yang dihasilkan oleh uranium menimbulkan energi yang tidak dapat habis.
              Memang sulit untuk memilih apakah anda ingin kegelapan atau tetap menggunakan energi yang berbahaya ini .. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar