Laman

Rabu, 21 November 2012

Hujan asam . . Bahaya atau tidak ???

Hujan Asam



Tahukah anda hujan asam ???

             Hujan asam adalah nilai pH atau potensi Hidrogen dari air hujan yang turun di bawah angka 6 atau sekitar 5,6. Hujan asam terjadi karena tercampur dengan senyawa-senyawa tertentu yang larut di dalam air hujan sehingga menyebabkan nilai keasaman meningkat. Senyawa karbon dioksida yang larut bersama air hujan bersifat asam lemah.
         Sebenarnya ini sangatlah membantu karena dapat digunakan sebagai pelarut mineral yang dibutuhkan oleh makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan bahkan benda mati seperti tanah. Namun jika terlalu banyak bukan menjadi keuntungan tapi malah menjadi kerugian ...
            Jika anda tahu ketika asam tersebut terlalu asam dan banyak , ketika tumbuhan menghisapnya tumbuhan akan meranggas dan akhirnya mati. Ketika hujan asam itu pula terlalu sering turun dan masuk ke dalam air danau ataupun laut akan merusak keseimbangan air dan menjadi terlalu asam sehingga makhluk hidup di sana akan mati.
            Lalu apa penyebab hujan asam sebenarnya :

1) Alami
        
         Sebenarnya hujan asam bisa terjadi secara alami dikarenakan letusan gunung berapi ataupun karena proses biologis yang terjadi di rawa maupun danau. Namun hujan asam yang terjadi secara alami ini sangat jarang terjadi.

2) Perbuatan manusia

           Mengapa perbuatan manusia menjadi sesuatu yang bisa menimbulkan hujan asam. Asal anda tahu bahwa hujan asam bisa terjadi karena polusi nitrogen yang terjadi di alam. Dari mana nitrogen tersebut, ya dapat di simpulkan penyumbang terbanyak adalah kendaraan bermotor dan pabrik - pabrik. Nitrogen yang terbawa ke udara bersenyawa dengan oksigen dan menghasilkan sulfur oksida dan nitrogen oksida yang akan larut di dalam air hujan yang menimbulkan hujan menjadi asam.

            Jadi sampai kapan kita akan terus menghasilkan hujan asam ini ??? Apakah sampai semua tanaman mati atau ikan di dunia mati ????

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar