Laman

Jumat, 16 November 2012

Macam - macam virus

Laptop anda sering di ganggu sama virus.. -__-
Sebenarnya apa sih mereka ???? Yuk kita mengenal lebih dekat...

Apa sih virus komputer itu ??

     Virus komputer adalah sebuah program komputer yang dapat menyalinkan diri atau memperbanyak diri ke dalam sebuah aplikasi atau program yang bertujuan mengacaukan, merusak, bahkan menghilangkan sistem program tersebut...

Terus apa saja sih jenis-jenis virus ???

1. Virus compiler ,, ini merupakan jenis virus pertama yang sampai saat ini berkembang sangat cepat. Virus ini merupakan virus yang telah di compile sehingga dapat langsung dieksekusi. Di build menggunakan bahasa pemrograman rendah assembler sehingga sangat sulit dibasmi.

2. Virus file ,, ini merupakan jenis virus yang cukup menyebalkan. Dia masuk kedalam sebuah program .exe ataupun .com dalam penyebarannya sehingga dapat menyebar dengan cepat ketika kita menggunakan program tersebut. Efeknya dapat merusak jaringan dan mematikan beberapa fungsi gadget yang diserangnya.

3. Virus sistem ,, sering juga disebut virus boot. Megapa? Karena mereka menyerang file yang digunakan untuk membuat sistem komputer. Sering terdapat di flashdisk tanpa sepengetahuan kita dan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector ketika kita meRestart gadget kita.

4. Virus Boot Sector ,, virus ini memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran viru Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.

5. Virus Dropper ,, merupakan suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus.

6. Virus Macro, virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.

7. Virus Polymorphic ,, merupakan virus yang cerdas. Setelah selesai melakukan pekerjaanya dia merubah strukturnya agar antivirus tidak dapat melacaknya..
 
8. Virus Stealth ,, tak kalah pintar dengan virus polymorphic, dia juga merubah strukturnya untuk bersembunyi.. Mereka memakan suatu kode dalam sebuah program dan merubah strukturnya serupa dengan program tersebut sehingga antivirus sulit mendeteksinya.

9. Virus Companion, virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE.

10. Virus Hybrid, virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.

     Sangat banyak jenis virus yang ada,,semoga pengembang antivirus dapat terus mengatasi virus-virus yang selalu berkembang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar