Laman

Sabtu, 17 November 2012

TEKNOLOGI melihat GOL terbaru di SEPAK BOLA Dunia

"HAWK EYE" vs "Cairo system"


Apa kabar anda hari ini ...

Masih ingat kah anda tentang ini :


      Sebuah tendangan keras Lampard dari tengah yang berhasil memantul mistar gawang dan terlihat sudah melewati garis gawang,, tetapi sayangnya tidak dianggap terlihat GOL oleh wasit.. Dan Inggris harus rela angkat koper dari kompetisi ini karena takluk 4-1 oleh Jerman .. 

Atau ingatkah anda dengan ini :






      Gol andri sevchenko yang terlihat oleh kamera sudah melewati garis gawang ternyata di anggap pula tidak masuk oleh wasit ,, 

      Jika anda penggemar bola pasti tahu tentang hal ini. Banyak pembicaraan yang menyatakan harus digunakannya teknologi "Hawk Eye" seperti pada permainan Tenis... Namun president FIFAtetap ngotot tidak ingin menambahkan teknologi lagi kedalam permainan sepak bola ini. 
      FIFA lebih memilih menambah wasit di samping gawang untuk menutupi kesalahan seperti ini. Namun kesalahan tersebut masih terulang. Dan akhirnya akan digunakan teknologi Hawk Eye ini.
      Lalu apakah teknologi hawk eye ? Hawk-Eye adalah sebuah sistem komputer sangat rumit yang digunakan untuk melacak lintasan bola secara visual dan menampilkan catatan jalurnya berupa gambar bergerak  yang secara statistik paling mendekati kenyataannya. Hawk eye sebenarnya digunakan pada permainan Tenis untuk memastikan bola masuk atau keluar.
       Sistem pada Hawk Eye didasarkan pada prinsip regulasi menggunakan citra visual yang diambil darikamera berkecapatan tinggi. Fitur “Mata Elang” sampai saat dinilai (1) akurat, yakni lenih baik dari persyaratan FIFA sekitar 3 cm dari garis gawang; (2) cepat, yakni keputusannya disampaikan ke wasit dalam waktu satu detik; (3) reliabilitas tinggi, yakni walaupun penampakan bola hanya sebagian kecil saja tertangkap kamera, sistem tetap bisa mengetahui lokasinya secara akurat; (4) praktis, yakni  tidak banyak campur tangan orang, tidak memerlukan bola khusus, tidak perlu menggali lapangan untuk memasang sensor, serta tidak perlu instalasi peralatan di dalam area gawang; serta (5) terpercaya, yakni berprinsip pada: “seeing is believing“ dengan kemampuannya menayangkan ulang hasil rekaman kameranya.

        Selain teknologi Hawk Eye sebenarnya ,asih ada satu teknologi lagi yang kali ini di kembangkan oleh Jerman yaitu Cairo System. Berbeda dengan "Hawk Eye", Cairo system lebih bertekan pada sensor magnet yang dihasilkan oleh listrik dari kabel yang ditanam dirumput yang akan bereaksi terhadap ketika bola yang telah melewati garis gawang. Tentunya didalam bola tersebut juga sudah dipasangkan sensor pula. 



Entah yang mana yang akan digunakan ,,semoga saja tidak mengganggu kenikmatan para pencinta bola dalam menyaksikan setiap pertandingan.

Hawk-Eye adalah sebuah sistem komputer sangat rumit yang digunakan untuk melacak lintasan bola secara visual dan menampilkan catatan jalurnya berupa gambar bergerak  yang secara statistik paling mendekati kenyataannya.

sumber : http://infoindonesiabaru.blogspot.com/2012/06/mengenal-teknologi-garis-gawang-hawk.html#ixzz2CYWlU64y
Hawk-Eye adalah sebuah sistem komputer sangat rumit yang digunakan untuk melacak lintasan bola secara visual dan menampilkan catatan jalurnya berupa gambar bergerak  yang secara statistik paling mendekati kenyataannya.

sumber : http://infoindonesiabaru.blogspot.com/2012/06/mengenal-teknologi-garis-gawang-hawk.html#ixzz2CYWlU64y


Tidak ada komentar:

Posting Komentar