Minggu, 02 Desember 2012

Perbedaan CD/DVD-r dengan CD/DVD-RW

Perbedaan CD/DVD R dengan CD/DVD RW

       CD/DVD merupakan salah satu media storage ( media penyimpan ) . Walau pada zaman ini sudah tidak terlalu nge-Trend dalam pemakaian CD/DVD tapi apa salahnya kita membedah sedikit tentang mereka.
         Pada saat ini DVD sebenarnya lebih tenar dibandingkan CD, bukan hanya karena kecepatannya, namun juga kapasitasnya lebih besar dan tentunya harganya juga lebih besar. CD/DVD saat ini banyak digunakan untuk menyimpan instalasi - instalasi program, baik aplikasi Game, OS , maupun yang lainnya. Selain itu juga masih banyak di jumpai kaset video film maupun musik.
      Sebenarnya apa yang membuat keberadaan mereka masih ada di era flashdisk dan hardisk sekarang ? Faktor harga sangat mempengaruhi hal itu. Lebih murahnya CD/DVD membuat para pengusaha lebih melirik untuk menggunakan CD/DVD dibandingkan Flashdisk/Hardisk. Konsumen juga akan lebih terpancing untuk membeli. Bayangkan saja jika kita menginginkan sebuah game PES dan harus membayar 100 ribu rupiah atau lebih dengan flashdisk dibandingkan 35 ribu rupiah dengan menggunakan CD/DVD ? Mana yang lebih anda pilih ?

          CD/DVD sendiri terbagi menjadi dua jenis , yaitu :

1. CD/DVD R

         Apa yang dimaksud CD/DVD R ? "R" sendiri mewakili kata Recordable. Sehingga dapat disimpulkan bahwa CD/DVD R berfungsi untuk menyimpan data saja. CD/DVD R sendiri terbagi menjadi dua jenis lagi yaitu "-R" dan "+R".
         CD/DVD -R hanya dapat digunakan untuk sekali menyimpan sehingga walaupun masih terdapat banyak ruang kosong setelah penyimpanan pertama, maka tetap tidak dapat digunakan untuk penyimpanan kedua.
            Sedangkan CD/DVD +R dapat digunakan untuk menyimpan dua kali atau lebih asalkan masih memiliki ruang yang cukup.
             Namun walaupun keduanya dapat menyimpan , data yang sudah di burn ke dalam CD/DVD R tidak dapat di hapus.

2. CD/DVD RW
            
           Apa yang dimaksud dengan CD/DVD RW ? "RW" merupakan singkatan dari ReWritable. Sehingga pengguna CD/DVD RW dapat melakukan penyimpanan lebih dari sekali bahkan dapat menghapus file lama yang ada didalam CD/DVD tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar